Tips Menghindari Penipuan di Internet

Penipuan di internet sudah sangat sering terjadi, Transaksi yang mudah dan barang yang lengkap menjadi incaran sendiri buat para netizen.
Sayang sekali terkadang keadaan ini dimanfaatkan oleh para penipu kurang ajar yang ingin meraip keuntungan tanpa biaya sepersen pun.
Hanya modal merayu mereka langsung bisa mendapatkan satu hingga puluhan juta rupiah.
Lalu bagaimana cara menghindari para penipu semacam ini ?

1.Ketika anda ingin memberi barang cobalah membeli di marketplace/pasar online
Mulai tahun 2014 pasar online sepertinya sudah mulai nge -trend, banyak pasar – pasar online yang menyediakan berbagai macam layanan seperti rekber jaminan uang kembali dan lain – lain. 
Memang banyak pedagang jujur di pasar online ini namun terkadang bahkan di sistem keamanan pasar online yang luar biasa ketat masih saja ada beberapa orang yang kena tipu. Maka dari itu tetap saja jika kita berbelanja di market place ini, tetap selalu waspada karena kejahatan mengintai dimanapun.

2. Cek testimoni atau Feedback
Testimoni biasa di berikan para penjual berupa screen shot atau komentar komentar dari para pembeli.
Namun, saya ingatkan untuk tetap berhati – hati walaupun pedagang ini mempunyai banyak testimoni, karena tak menjamin kualitas dan keamanan dari si pedagang ini, jaman yang semakin maju membuat apapun mudah di palsukan termasuk testimoni.
Seperti yang saya tulis kemarin yang membahas tentang penipuan salah satu penjual jasa convert pulsa menjadi uang ya pedagang tersebut memiliki banyak testimoni baik namun sudah terbukti bahwa apa yang dijual nya hanyalah sebuah penipuan.

3. Lihat keaktifan si penjual
Keaktifannya dalam mempromosikan konten, keaktifannya dalam membalas komentar dan lain – lain, presentase acuan point 3 ini sekitar 40% jadi jangan terlalu menilai dari sini yaa. Karena banyak penipu yang justru sangat agresif.

4.Cari di Google atau Sosial Media .
Menurut saya ini yang paling ampuh, jadi seperti ini kebanyakan sekarang orang selalu update status/ curhat didalam blog , forum dan lainnya.
Dah memanfaatkan keadaan ini, kita sebagai pembeli dapat melakukan hal ini untuk menghindari penipuan di internet.
Begini caranya .
Untuk di google anda bisa mencari nama toko/ username/id dari seseorang / tempat yang ingin anda beli produk nya. Lalu tambahkan keyword keyword penipuan, seperti penipu, penipuan, pembohong dll.
Misal: anda ingin membeli sesuatu melalui blog saya
Maka anda bisa gunakan “tanoewijaya.blogspot.com penipu ” atau ” penipuan oleh blog tanoewijaya.blogspot.com” maka jika 

5. Pastikan Harganya berada di ambang Rata – rata pasaran
Jangan mau tertipu harga murah karena minus inilah itulah, tetap saja harga tetap sama walaupun minus ini dan minus itu. jadi car harga yang sekiranya tak jauh dari harga pasaran ya.

Leave a Reply