Social Media Mana Yang Paling Cocok Buat Jualan Online ?

Kalo bicara masalah Social Media mana yang paling cocok, sya katakan semua sosial media cocok untuk Jualan Online, Tapi pertanyaannya seberapa hebatnya anda memanage sosial media yang sedang anda jalani.

Menurut data dari We Are Social 2016

Facebook masih menempati urutan tertinggi dengan total sekitar 15% pengguna dari Seluruh penduduk Indonesia disususl Google Plus 12% Twitter 11% dan Instagram 10% .

Ini berarti Facebook masih menjadi tempat teramai dibandingkan social media lainnya.

Saya sendiri baru mencoba pemasaran via Facebook dan Instagram, jika untuk saya sendiri Instagram masih terasa lebih mudah dan cepat menjaring pelanggan dibandingkan facebook.

Jika sudah seperti ini, masalah sosial media mana yang paling cocok tidaklah penting, yang penting adalah kenyamanan anda sendiri dalam memanfaatkan social media yang akan dipilih.

Di Facebook sendiri kita dapat memanfaat kan fitur iklan yang semakin hari semakin mudah digunakan bahkan oleh orang awam sekalipun, namun kita harus sedikit merogoh kocek untuk melakukannya.

Banyak juga tutorial yang tersedia untuk melakukan optimasi iklan ini.

Saya sendiri belum terlalu paham tentang tehnik marketing di Facebook ini tapi setidaknya saya sedikit mengerti setelah saya sedikit belajar bersama guru saya yang juga seorang internet marketer.

Saya beri sedikit tips marketing di Facebook,

Sebenarnya tidak berbeda jauh dengan tehnik marketing disosial media lain, dan saya disini akan membuat nya terasa lebih simple.

Saya berikan beberapa poin ,

1. Tertarget
2. Jelas dan Mengundang
3. Konten
4. Konsisten

Kapan promosinya kalau gitu ?

Begini yang namanya promosi itu kita bisa selipkan dimanapun, tapi sebelumnya saya akan jelas kan poin-poin tersebut terlebih dahulu.

1. Tertarget

Apa maksudnya ? Jika kita ingin tepat dalam marketing maka kita harus paham dahulu siapa target kita, contoh nya jika kita menjual produk untuk bayi,Misal : Popok maka target yang kita raba adalah seorang ibu yang sekiranya punya anak – anak bayi umur dibawah 2 tahun.

Bagaimana cara mencarinya ? Begini kita bisa mengambil pelanggan – pelanggan popok yang lain juga, coba telusuri salah satu FansPage salah satu produsen popok besar, pasti ada yang like bukan ? maka kita bisa add mereka, add sebanyak banyak nya. Atau kita bisa telusuri salah satu grup misalnya grup “Kumpulan Ibu Muda Se- Indonesia” nah disana kita bisa meng-add mereka sebagai target awal marketing kita.

2. Jelas dan Mengundang.

Dalam hal ini adalah anda bisa membuat sebuah foto untuk profil dan sebuah desain cover, tidak perlu bagus keren. Yang penting jelas dan berikan sedikit Copywriting. Sehingga ketika orang lain melihat anda mereka jadi tertarik dan bisa jadi membeli produk anda ketika anda menawarkan produk.

Misalnya taruh sedikit tulisan di cover fb yang menjelaskan produk anda misalnya popok bayi tadi, anda tulis Aman, Anti Bocor, Baby Friendly, dan lain lain. Setidaknya itu adalah kata kata yang menjelaskan produk anda.

3. Konten

Stop Promosi setiap hari !! Kita juga harus berikan konten untuk membuat para pelanggan kita betah karena siapa yang tidak bosan dengan promosi setiap hari ?? , coba anda lakukan promosi dengan perbandingan 5 : 1 setiap lima kali mengirimkan konten anda bisa memberikan promosi, atau gabungkan promosi dengan konten !.

Bagaimana caranya ? Misal (Masih popok bayi) anda menulis konten tentang bahaya nya popok bayi ber mercury (misal  loh ya) dan di ujung artikel tsb anda membuat kata – kata promosi misal : Sekarang saat nya lindungi buah hati anda, Popok bayi yang kami jual bebas dari mercury dan bahan berbahaya lainnya ! .

4. Konsisten 

Jangan mudah menyerah, karena anda tidak akan mendapatkan pelanggan dan uang yang berlimpah secepat kilat, sabar dan tekun adalah kuncinya.

Bisa jadi di bulan ke 2 anda baru mendapat orderan yang banyak ?, atau bulan ketiga, keempat. Intinya jangan menyerah dan tetap berikhtiar juga berdoa .

Baca : Cara Cepat Dapatkan Ribuan Followers Instagram 

Leave a Reply