Sederhana, Inilah Cara Bisnis Online di Facebook

Tahukah Anda bahwa dalam dunia usaha, nyatanya ada banyak cara dan jalan untuk bisa mengembangkannya. Salah satunya yaitu dengan berbisnis lewat jejaring sosial, yang sudah tidak asing lagi di kalangan pebisnis online.

Meskipun demikian demikian, ternyata tidak semua orang bisa memanfaatkan jejaring sosial ini dengan baik supaya nanti bisa memperoleh manfaat yang maksimal. Dan dari sekian banyak media sosial untuk melancarkan aksi bisnis, Facebook lah saat ini yang menjadi salah satu yang paling popular. Banyak orang yang sudah memanfaatkan facebook sebagai platform dalam berjualan secara online. Bahkan facebook juga memiliki fitur-fitur yang mumpuni untuk digunakan memasarkan produk. Lalu seperti apa cara bisnis online di Facebook yang tepat?

Inilah Cara Bisnis Online di Facebook

1. Membuat Fans Page Online

Meningkatnya jumlah pemasaran secara online saat ini akhirnya membuat maraknya tawaran jasa pembuatan fanpage online. Tentunya penyediaan layanan ini bertujuan untuk nanti bisa membantu para pebisnis online jika ingin memperkenalkan bisnisnya kepada orang banyak. dengan begini maka penjualan pun pastilah akan meningkat secara otomatis.

Selain itu dengan adanya layanan fanpage ini pun nyatanya akan memudahkan calon pembeli untuk bisa memperoleh informasi mengenai produk yang Anda jual secara detail. Informasi itu mulai dari harga, ukuran, bahkan sampai bentuk riil dari produk tersebut. Inilah yang menjadi cara bisnis online di Facebook pertama. 

Dengan membuat fans page di facebook ini juga bisa menjadi ladang trafik atau pengunjung jika bisnis anda memiliki website, sehingga cara kerjanya adalah dengan cara share yang ada di postingan website ke fans page yang sudah dibuat di facebook. Maka akan secara otomatis follower dari fans page akan mengunjungi website untuk melihat infomasi yang telah diberikan dari tautan link yang ada.

2. Rajinlah Mempromosikan Konten

Konten yang dimaksud di sini yaitu fans page online yang sudah Anda buat. Promosi konten ini sendiri pun bertujuan untuk mendapatkan like sebanyak-banyaknya dari para pengguna Facebook. Dengan begini maka popularitas merek dari produk yang Anda pun nantinya juga semakin meningkat.

Setidaknya ada 2 jenis promosi yang dalam hal ini bisa Anda lakukan. Pertama, metode internal yang jangkaunya hanya untuk pengguna di aplikasi dan situs Facebook saja, dan yang kedua, yaitu metode eksternal yang jangkauan promosinya lebih luas.

Pada metode eksternal, konten yang dibagikan bukan hanya di Facebook saja, namun juga di media sosial lain, seperti Instagram Twitter, dan blog pribadi. Caranya? Yaitu cukup dengan menghubungkan link fans page bisnis Anda dengan link media sosial lainnya.

Ada hal yang perlu diketahui tentang konten yang dibuat. Meskipun fans page yang ada bertujuan untuk platform berjualan. Tetapi akan lebih baik jika konten yang di posting tidak melulu tentang produk yang akan dijual. Anda bisa menyisipinya dengan manfaat atau keuntungan pemakaian produk atau juga hal-hal yang berkaitan dengan produk yang dijual. 

Misalkan saja anda sedang menjual minuman Kesehatan, maka selain produk anda yang akan dijadikan sebuah konten. Anda juga bisa memposting tentang tips dan trik atau resep dalam membuat minuman Kesehatan. Asalkan jangan sampai membocorkan resep produk sendiri.

3. Pakailah Foto yang Berkualitas

Cara bisnis online di Facebook selanjutnya adalah foto. Tentu saja foto produk produk yang Anda bagikan nantinya akan memengaruhi tingkat penjualan nantinya. Sebelum mengunggah foto, perhatikan apakah kualitas foto itu memang sudah sesuai dengan standar atau tidak. Juga pakailah kamera yang bagus ketika melakukan pengambilan gambar.

Bukan hanya itu saja, juga perhatikan sudut atau sisi serta pencahayaan yang pas pada saat pemotretan supaya nanti bisa memperoleh hasil yang terbaik. Jika Anda tidak mahir dalam dunia fotografi, maka bisa juga memakai jasa fotografer untuk pengambilan gambar.

Sebenarnya sudah banyak tutorial di youtube tentang bagaimana berfoto yang bagus dan simple serta berkaitan dengan pengaturan cahaya. Anda bisa menonton youtube untuk mengetahuinya secara mendalam. Karena dengan foto yang bagus akan meningkatkan mood pembeli untuk segera cek out produk anda.

4. Bagikan Testimoni dari Para Pembeli

Cara bisnis online di Facebook terakhir yaitu testimoni. Tentu saja membagikan testimoni dari para pembeli produk Anda merupakan bagian sangat penting. Manfaatnya yaitu bisa menarik calon pembeli supaya nanti bisa yakin terhadap produk Anda, dan meningkatkan jumlah pelanggan baru.

Bahkan faktanya tidak jarang, pebisnis online yang mana pada akhirnya gulung tikar hanya karena tidak mampu membangun kepercayaan para pembeli. Sementara, membangun kepercayaan pembeli bukanlah hal yang sulit. Anda tinggal meminta feedback atau penilaian pembeli atas pelayanan serta kualitas produk yang dijual ketika barang tersebut sudah sampai di tangan pembeli.

Supaya nanti testimoni yang didapatkan nantinya positif, maka berikan pelayanan maksimal juga kepada para pembeli. Bukan hanya pada pelayanan saja, namun juga kualitas produk dan juga estimasi pengiriman maupun itu transaksi bahkana nanti sampai kemudahan pengembalian produk tidak sesuai dengan kriteria, sangat penting diperhatikan.

Itulah cara bisnis online di facebook yang bisa anda ikuti dan coba dipraktikkan dengan benar. Masih banyak yang lainnya yang harus dipelajari lagi jika ingin berbisnis menggunakan facebook. Tetapi cara yang sudah disebutkan di atas adalah cara dasar atau basic yang harus anda ketahui untuk mengembangkan bisnis online dengan facebook.

Leave a Reply