5 Rekomendasi Aplikasi Meeting Online

Sejak pandemi covid 19, penggunaan aplikasi meeting online kian populer. Banyaknya perusahaan yang menerapkan work from home menuntut karyawan untuk memiliki berbagai aplikasi untuk menunjang produktivitasnya. Nah, berikut ini beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk meeting online dengan berbagai fitur menarik yang dimilikinya:

1. Awor

Aplikasi pertama yang wajib dimiliki untuk meeting online adalah Awor. Berbagai macam fitur menarik pada aplikasi ini akan sangat membantu Anda untuk kepentingan pekerjaan. Fasilitas video conference ini merupakan software yang dikembangkan anak negeri dan memungkinkan untuk di instal oleh server perusahaan, sebab tersedia fitur private video conference. Dengan begitu, karyawan bisa leluasa dalam kegiatan meeting dan dilengkapi pengaman ganda pada obrolan video conference.

Adapun fitur utama dari Awor meliputi: video conference (audio dan video control, screen sharing, recording, dan live streaming chat), management meeting (terdiri dari create meeting, pasword, moderator assign, reusable link, share meeting, private and public meeting, and meeting history). Fitur ini tentunya sangat mempermudah anda dalam pekerjaan, dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai media rapat harian atau mingguan. 

Awor bisa didapatkan melalui google play dan bisa diakses secara gratis selama 90 menit. Selebihnya pengguna harus menggunakan akun premium untuk bisa menikmati fitur menarik lainnya. Bukan hanya itu, setiap kali meeting pengguna tidak perlu lagi membuat room terpadu karena fitur private portal yang sudah terintegrasi dengan email kantor sehingga bisa login dengan mudah.

2. Skype

Skype menjadi aplikasi meeting yang sudah dikenal sejak dulu, bahkan sebelum banyaknya fasilitas meeting online yang ada sekarang. Sekarang ini, Skype masih sering digunakan sebagai solusi untuk melakukan rapat jarak jauh. Berbagai fitur juga bisa dinikmati seperti ,chat, video, suara, dan beberapa fitur lainnya. Untuk bisa menggunakannya dengan fasilitas lengkap, pengguna harus berlangganan Skype For Business. 

Aplikasi meeting satu ini juga menawarkan pengalaman untuk berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat serta rekan kerja. Adapun fitur yang bisa dinikmati oleh pengguna adalah panggilan suara dan video HD, smart massage and private conversation, screen sharing, call recording dan juga live subtitles. 

Kelebihan menggunakan Skype sendiri yakni mensupport banyak device dan sistem operasi seperti windows, MacOs, Linux, Android, dan juga iOs. Selain mudah digunakan, meeting juga dapat dilakukan secara gratis dengan dukungan meeting maksimal 50 anggota dengan durasi perharinya yakni sekitar 4 jam. Sayangnya, pengguna Skype di Indonesia ini masih tergolong sedikit dan tidak support terhadap Firefox.

3. Zoom

Bagi pekerja kantor yang WFH dan anak kuliahan pasti tidak asing lagi dengan aplikasi meeting satu ini. Bisa dibilang Zoom menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan dengan berbagai fitur menarik yang ditawarkannya. Tersedia fitur unggulan seperti kualitas gambar dan audio yang baik, tersedia fitur merekam meeting dan mengatur jadwal, tersedia ruang diskusi, screen sharing, limit peserta banyak, terdapat fitur authentication profil dan waiting room. 

Berbagai fasilitas yang disediakan Zoom di atas tentunya menjadi paket lengkap untuk keperluan kantor dan kuliah. Agar aplikasi ini tidak lemot saat digunakan, pastikan koneksi yang dipakai lancar dan sebisa mungkin untuk mengurangi kualitas HD dan touch up my appearance guna menstabilkan jaringan di tengah meeting berlangsung. Aplikasi meeting satu ini pun dipimpin oleh host yang bisa mengatur peserta yang ada didalamnya agar lebih tertib.

Selain berbayar, Zoom juga bisa digunakan secara gratis. Namun, durasi waktu meeting terbatas. Untuk keperluan kantor, sebaiknya gunakan Zoom premium dengan limit durasi yang tidak terbatas dengan berbagai fitur menarik yang bisa dinikmati.

4. Google Meet

Berikutnya yang tak kalah menarik dan recomended untuk digunakan adalah aplikasi Google Meet. Platform ini terbilang baru, karena pertama kali diluncurkan pada tahun 2017 silam. Meskipun belum lama, namun eksistensinya diakui di tengah oandemi covid 19 yang menuntut semua sektor kehidupan agar bisa dikerjakan dirumah. Sama seperti aplikasi sebelumnya, Google Meet juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang sifatnya fleksibel.

Aplikasi meeting online satu ini bisa digunakan secara gratis dan juga berbayar untuk kepuasan penggunaanya. Tersedia dalam berbagai paket dengan fitur menarik yang berbeda. Inu bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Memiliki user experience dan interface yang menarik serta sederhana sehingga mudah digunakan. Google Meet juga terintegrasi dengan layanan google dan memingkinkan penggunanya untuk share dokumen, video, dan juga PPT.

Adapun kekurangan dari google meet bisa dirasakan dari fiturnya yang kurang lengkap dibandingkan aplikasi meeting sebelum-sebelumnya. Selain itu, aplikasi ini cenderung membebani hardware dan sistem sehingga sangat disayangkan oleh pengguna. Namun, hal ini kembali lagi pada kebutuhan dan kepentingan masing-masing orang dalam memanfaatkan aplikasi meeting.

5. BlueJeans

Aplikasi terakhir yang akan dibahas adalah Blue Jeans dan telah populer digunakan dalam berbagai webinar dan juga meeting beberapa perusahaan terkenal. Software ini dikembangkan oleh Verizon yang bisa digunakan pada perangkat komputer maupun smartphone. Blue Jeans bahkan telah mendapatkan beberapa penghargaan sebagai video conferencing terbaik.

Berbagai fitur menarik ditawarkan aplikasi satu ini, seperti limit peserta mencapai 150 orang, audio dan video HD, smart calender yang terintegrasi langsung dengan perangkat, intuitive control, intelligence bandwidth management, and save driving mode atau aman untuk digunakan meskipun sedang berkendara. Aplikasi ini aman digunakan karena punya fitur yang protektif dan mudah dioperasikan oleh siapa saja.

Kehadiran beberapa aplikasi meeting online diatas tentunya sangat bermanfaat di masa seperti ini. Bukan hanya untuk keperluan pekerjaan, berbagai perguruan tinggi dan institusi lainnya pun turut terbantu dengan adanya fasilitas tersebut. Dengan banyaknya pilihan, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply