Optimasi SEO : Menjadikan Blog Top 10 Di SERP


Optimasi SEO : Membuat Blog Top 10 Di SERP

Optimasi SEO di blogspot ??

Search Engine telah menjadi target utama bagi seorang blogger untuk mendapatkan trafik . Tapi karena peminatnya cukup banyak maka begitu sulit untuk mendapatkan trafik alami dari search engine ini .

Akibatnya banyak blog yang menggunakan metode-metode kotor yang tidak akan saya sebutkan disini . Tapi, akhirnya mereka yang menggunakan metode-metode seperti itu hanya akan bernasib naas apalagi algoritma google yang selalu berkembang .

Daripada menggunakan metode – metode semacam itu , lebih baik saya akan berikan sedikit panduan agar blog anda menjadi Top 10 di SERP .

Tahukah anda apa itu SERP  ?
SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page yang berarti halaman hasil pencarian mesin pencari, dengan kata lain SERP adalah halaman yang berisi hasil pencarian mesin pencari .

Misal ketika diketikan keyword “Buah” maka yang keluar adalah 10 artikel yang membahas buah nah halaman tersebut dinamakan SERP.

Nah yang kita akan bahas adalah bagaimana blog kita dapat masuk kesana ? ke halaman pertama pencarian google ?

Sebelumnya saya akan memberitahu kenapa harus top 10

Kenapa harus top 10 ?
Bayangkan anda mempunyai sebuah blog tapi trafik / pengunjungnya masih berasal dari sosmed, apa yang terjadi ? anda harus bolak – balik mempromosikan blog anda di sosmed.

Tapi, bayangkan jika blog anda berada di halaman pertama pencarian google (SERP One) dan setiap bulannya ada yang mencari kata kunci yang sesuai dengan artikel anda ? maka yang terjadi adalah anda akan mendapatkan trafik hanya dengan sedikit promosi .

Dan menjadi Top 10 di SERP juga banyak keuntungan diantaranya , memaksimalkan penjualan , menambah trafik , dan yang pasti menambah keuntungan bagi blog yang di monetize .

Tentunya dengan melakukan Optimasi SEO .

Kenapa harus Optimasi SEO ?
Optimasi SEO tentunya membawah pengaruh utama bagi SERP. Blog yang teroptimasi SEO akan lebih mudah terindex maupun masuk ke SERP.


Penjelasan sedikit tentang SEO .
Apa itu SEO . SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang artinya pengoptimalan terhadap mesin pencari .


Apa yang dioptimalkan ?

Image blog kita kepada mesin pencari . Intinya SEO adalah seberapa baik blog kita dimata mesin pencari .

Sehingga semakin baik maka akan semakin mudah untuk masuk ke SERP

SEO secara umum terbagi menjadi 2 
  1. SEO On-Page
  2. SEO Off- Page
SEO On-page adalah SEO yang dilakukan didalam sebuah website , artinya pengoptimalan yang dilakukan dari dalam .

Sementara . SEO Off Page adalah pengoptimalan yang dilakukan dari luar blog . Misalnya menambahkan backlink . 

Tenang artikel ini disajikan lengkap untuk membahas 2 faktor utama diatas dan faktor utama lainnya .

Membuat Blog Top 10 Di SERP
Disini kita bakal membahas lengkap kiat kiat mendorong blog agar Top 10 SERP .

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan untuk membuat blog Top 10 SERP .
  1. Anda harus melakukan Riset Kata Kunci
  2. Anda harus menerapkan kata kunci dalam blog
  3. Anda harus mampu membuat artikel berkualitas dan orisinil.
  4. Anda harus memilih template yang SEO friendly
  5. Anda menanam backlinks.
Kelihatan sedikit ??? itu hanya judul dari tiap bahasan . Setiap bahasan mempunyai sub judulnya masing -masing yang isinya bahasan mengenai apa yang sedang di bahas.

Mari kita langsung membahasnya satu persatu .

1. Riset Kata Kunci 
Seperti yang saya liat dalam blog – blog professional diluar , mereka membahas kalau hal yang sering dilupakan para blogger pemula adalah riset kata kunci .

Bayangkan anda adalah blogger pemula yang tak tahu apa-apa , lalu tiba- tiba anda membuat judul dengan trafik tinggi dan persaingan tinggi ? dan anda bingung kenapa trafik tak kunjung datang ?. Mungkin itu penyebabnya . 

Anda harus melakukan riset kata kunci , untuk mengetahui berapa pencarian perbulan dan seberapa berat pesaing-pesaing dalam kata kunci yang sama .

Bagaimana caranya ?

Cara yang paling saya kenal adalah menggunakan Google Keyword Planner cara kerja nya cukup mudah dan gratis pula . Anda tinggal mengetikan kata kunci , mengklik tab ide kata kunci . Dan terlihatlah data kata kunci yang anda bidik .

Meriset kata kunci juga sangat diperlukan melihat seberapa besar persaingan yang dihadapi dan berapa trafik perbulan dari kata kunci tersebut . Lihat panduan riset kata kunci lengkap dari Panduan IM ini 

Saya mengincar 1 keyword yaitu “Bunga” trafik perbulan cukup lumayan tapi setelah saya liat tingkat persaingan sangat tinggi .

Begitulah 1 – 2 kata keyword memang sangat sulit untuk di capai apalagi web kita yang masih buruk kualitasnya .

Maka dari itu diadakannya .

-Long Tail Keyword.
Apaan lagi itu ?

Itu adalah keyword yang biasanya lebih panjang dari keyword utama .

Misal keyword yang anda targetkan adalah “Bunga “. Tapi persaingannya sangat besar .

Maka dari itu kita dapat memanjangkan kata kuncinya contohnya dari “Bunga” menjadi “Menyiram bunga  ” dapat dipanjangkan lagi menjadi ” Cara Menyiram Bunga ” atau  lagi menjadi ” Cara menyiram bunga dengan praktis “

Biasanya long tail keyword mempunyai persaingan antara low dan medium . Dan juga mempunyai trafik yang lebih rendah dari pada umumnya .

2. Menerapan Kata Kunci .
Jika anda sudah menemukan kata kunci yang diinginkan . Sekarang tinggal bagaimana cara menerapkan kata kunci tersebut pada blog atau artikel yang ingin Top 10 di SERP.

Penerapan ini dimaksudkan untuk membuat artikel yang kita buat lebih relevan ke kata kunci yang diinginkan .
Misalnya begini jika kita memilih kata kunci Cara Membuat Bunga maka dari itu kita harus menerapkan kata kunci ini ditempat pas didalam blog kita agar blog kita lebih relevan dengan mesin pencari .

Ada beberapa tempat yang dapat dijadikan tempat penerapan kata kunci antara lain :
  1. Url
  2. Nama Domain
  3. Artikel
  4. Label
  5. Judul Blog
Bagaimana cara menerapkan di tempat – tempat tersebut ?? Begini caranya .

      – Url
Penerapan kata kunci didalam url, berarti anda memasukan kata kunci di url anda . 

Kenapa di url ? karena url adalah alamat dari blog anda, dan juga sering diperhatikan oleh mesin pencari .

Usahakan membuat url yang mudah diingat dan juga tidak terlalu panjang .

Misalnya anda menargetkan kata kunci, cara memulai bisnis online . Maka setidaknya url harus mengandung 2 dari 4 kata tersebut seperti ini contohnya herisutardjo.com/memulaibisnisonline.html.

Jangan mensetting url yang rumit, yang bahkan tak dapat diingat sama sekali , jangan seperti ini  ibnuilman.com/09102873/von/id?123375 .

     – Nama Domain 
Jika anda punya ribuan ide untuk menciptakan artikel dengan niche yang sama maka anda dapat menerapkan kata kunci di nama domain anda .

Misalnya anda mentargetkan kata kunci “bisnis online bagi pemula ” maka anda dapat membuat nama domain bisnisonlinepemula.com setidaknya mengandung 2 atau 3 kata dari kata kunci .

Tapi ingat ! Jangan menipu . Misal anda membuat nama domain caramemasak.com tapi ketika dibuka isi blog anda malahan berisi berita dan hal lain yang tidak berhubungan dengan kata kunci tersebut ! . Dan blog seperti ini tidak akan disukai oleh pembaca .
    – Artikel .
Banyak tempat dalam artikel yang dapat di sisipkan kata kunci , diantara lain ada judul blog , paragraf pertama isi artikel dan lain – lain .

Penerapan kata kunci diartikel ini cukup membantu meningkatkan seo blog kita .

Tapi penerapan keyword didalam artikel tidak saya bahas disini melainkan di point ketiga nanti .

    –Label
Label disini cenderung kekategori yaitu pengelompokan beberapa artikel dalam satu label .

Misal kata kunci yang anda bidik adalah “kumpulan foto bunga ” maka anda bisa membuat beberapa artikel dengan label yang sama yaitu “Kumpulan Foto Bunga ” .

Dan jangan menipu jangan memasukan artikel yang keluar dari judul label . Jangan memasukan artikel bisnis atau usaha kedalam label “Kumpulan foto bunga ” karena sangat tidak nyambung dan dapat membuat pembaca kecewa .

Jadi ketika pembaca mengklik llabel yang anda buat tadi yang keluar yang keluar haruslah sesuai dengan judul label yang ditentukan .

    –Judul Blog
Penerapan kata kunci yang terakhir adalah di judul blog . Judul blog merupakan bagian yang paling sering dilihat dan juga menjadi bagian yang dipertimbangkan mesin pencari .

Sama dengan point point yang lainnya , caranya anda juga harus menerapkan kata kunci di bagian ini .

Misalnya blog anda mentargetkan kata kunci ” Foto Bunga ” maka tulislah judul blog yang sesuai bisa jadi kumpulan foto bunga atau yang lainnya yang masih mengandung kata kunci yang anda pilih .


3. Buat Artikel Berkualitas .
Kenapa ada point seperti ini .

Pertama artikel adalah kekuatan utama dari sebuah blog tanpa artikel blog hanyalah sebuah sampah . Kedua Artikel juga yang nantinya akan masuk ke Top 10 SERP.

Kenapa harus berkualitas ?

Dijaman informasi yang sangat mudah dicari ini pasti banyak sekali artikel-artikel yang di update setiap harinya dari mulai yang berkualitas sampai yang ecek-ecek .

Dengan begitu akan banyak sekali saingan yang akan menyaingi artikel blog anda . Maka dari itu buatlah artikel dengan kualitas super dan bukan dengan menghitung kuantitas !

Lebih baik anda membuat 3 bahasan sesama topik dalam satu artikel dari pada harus memecahnya menjadi 1 artikel karena pembaca menyukai artikel dengan bahasan lengkap . Sehingga memudahkan kita untuk Top 10 di SERP.

Seperti apa kriteria artikel berkualitas yang dapat memasuki Top 10 SERP ? .
Saya telah merangkum beberapa point penting yang mendukung kehebatan sebuah artikel yang dibawahnya akan dibahas lebih lanjut.
  1. Orisinil
  2. Unik
  3. Menarik
  4. SEO Friendly 
  5. Lengkap
5 point diatas dapat menunjang kesuksesan artikel yang anda buat. Percaya atau tidak .

Kita akan bahas 5 point diatas secara lengkap dibawah ini .

      -Orisinil
Apa itu orisinil ?

Orisinil adalah sesuatu yang dibuat oleh diri kita sendiri jadi artikel yang anda buat harus buatan tangan anda sendiri atau setidaknya tidak meng-copy dari blog lain .

Jika anda mencari ide di blog lain itu tentu diperbolehkan karena pastilah kita harus berguru dari blog – blog besar yang sudah ahli dalam niche yang dipilihnya .

Mesin pencari juga menyukai artikel yang orisinil dan akan menggugurkan artikel- artikel yang meng-copy dari blog lain .

Meng-copy punya banyak kejelekan , yang pertama ini menandakan anda tidak mampu menjadi seorang blogger, yang kedua tidak disukai mesin pencari , yang ketiga dihujat pembaca, yang keempat anda dapt dilaporkan ke dmca atas penyalinan konten tanpa izin . 

Maka dari itu mulai sekarang buatlah artikel yang orisinil carilah ide dimanapun ditempat yang anda suka . Kumpulkan ide nya dan mulai buat artikelnya .

       –Unik
Keunikan banyak disukai orang , artikel yang unik akan lebih besar peluangnya dibanding artikel – artikel yang biasa saja atau yang umum .

Begini contohnya , jika anda mengetikan kata kunci “memulai bisnis online ” di mesin pencari maka anda akan menemukan 10 blog teratas . Judul artikel 5 dari 10 blog adalah “Cara memulai bisnis online ” Judul 5 blog lainnya adalah “cara memulai bisnis online bagi pemula ” yang isinya tidak jauh berbeda.

Isinya hanyalah , bahasan mengenai pilihan bisnis nya .

Nah disinilah tantangannya, jika anda menginginkan keyword ini maka buatlah Judul yang berbeda dan isi yang berbeda .

Jika mereka membuat judul blog seperti yang saya jelaskan tadi maka bagi anda buatlah judul blog yang lebih unik, tambahkan kata – kata tertentu misal ” Cara memulai bisnis online lengkap bagi pemula ” ini menandakan bahwa isi artikel anda lebih lengkap dari yang lain .

Jika mereka membahas hanya pilihan bisnisnya maka bagi anda tambahkanlah sesuatu yang melengkapi isi artikel tersebut . seperti media promosi atau cara menjalankan bisnisnya .

       – Menarik
Artikel yang anda buat haruslah menarik dimata pembaca dan mesin pencari .

Lantas seperti apa artikel yang menarik itu ?

Dimata pembaca . Caranya mudah anda harus memposisikan diri anda sebagai pembaca , saat anda menulis dengan topik tertentu bayangkan itu adalah topik yang anda cari . Seperti apa yang anda inginkan yang lengkap ? yang unik atau yang seperti apa .

Menurut saya sendiri artikel yang cukup menarik adalah artikel yang unik juga yang menarik biasanya dalah 1. yang membalik isinya , 2. artikel dengan point terbanyak, dan 3. artikel yang membahas sesuatu yang terhebat ataupun yang terjelek .

Contoh point 1 . Artikel yang membahas kesalahan , jika biasanya sebuah artikel membahas sesuatu yang harus dilakukan maka artikel ini membahas sesuatu yang tidak boleh dilakukan . Misal ” Kesalahan yang biasa dilakukan seorang blogger pemula “

Contoh point 2. Biasanya terdapat beberapa point dalam sebuah artikel bukan ? biasanya akan disebutkan dijudulnya misal “5 hewan terunik didunia” anda bisa menambahkannya lebih banyak dan akan lebih membuat orang tertarik.

Misalnya yang tadinya “5 hewan terunik di dunia” anda dapat lebih melengkapinya sampai ” 50 hewan terunik didunia .

       –SEO Friendly .
Artikel juga harus SEO friendly. Artikel yang SEO friendly akan lebih mudah terindex oleh google

Artikel yang SEO friendly haruslah sudah di desain sesuai dengan  point- point dibawah ini . Antara lain :
  1. Title Tag 
  2. Meta Description
  3. Alt Tag pada Gambar
  4. Kata Kunci di Pembuka, isi dan penutup
  5. Penerapan Keyword LSI
  6. Outbond Link (Menuju halaman terpercaya)
Artikel yang SEO friendly ini juga sanagt berkaitan dengan SEO onpage karena ini adalah bagian dari SEO onpage itu sendiri .

Mari kita jabarkan satu persatu secara singkat .

     –Title Tag
Title tag disini adalah penerapan kata kunci didalam judul artikel (bisa jadi judul blog) . Misalnya kata kunci yang anda targetkan adalah “Bunga taman” maka buatlah judul yang masih mengandung keyword tersebut .

Misalnya “Kumpulan Foto – foto bunga taman ” nah dengan begitu akan memudahkan artikel dan blog kita menjadi top 10 di SERP . 

Judul artikel tidak boleh lebih dari 70 karakter dan kurang dari 8 kata .

     –Meta Description
Meta description adalah deskripsi singkat dari artikel tersebut , jadi deskripsi ini menjelaskan secara singkat tentang apa yang kita tulis di artikel kita .

Menurut saran para ahli meta description tidak boleh lebih dari 156 karakter dan harus mengandung setidaknya 1-2 kata kunci . Jangan berlebihan dalam menaruh kata kunci karena dapat dianggap sebagai SPAM.

Meta description membantu mesin pencari mendefinisikan secara singkat tentang isi keseluruhan dari artikel yang anda buat . Maka dari itu gunakanlah meta description sebaik – baiknya.

Jika anda menggunakan blogger anda bisa menulisnya dimenu deskripsi penelusuran disamping kotak artikel saat anda menuliskan artikel . Atau anda bisa menggunakan template yang sudah membuat deskripsi pencarian secara auto .

      –Alt Tag pada Gambar 
Hmm . Awalnya saya tidak peduli dengan Alt gambar ini , tapi ketika saya menemui banyak blog yang membahas ini akhirnya saya mulai memakainya .

Alt gambar adalah tulisan yang akan terlihat jika anda meletakan kursor anda diatas gambar 

Seperti itu kira kira . Cara pemasangan dapat dilihat disini
   
 – Penerapan kata kunci di pembuka, isi, dan penutup
Ini biasa dilakukan oleh para blogger banyak sekali cara menerapkan kata kunci , dapat dengan anchor link ataupun dengan metode teb

Biasanya kata kunci diterapkan diawal artikel atau pembukaan , lebih tepatnya di 100 kata pertama . Tidak perlu terlalu banyak . Gunakanlah 1 sampai 2 keyword pada pembuka , 3-4 pada isi dan 1- 2 pada penutup.

Keyword yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan artikel anda dianggap sebagai spam . 
     –Penerapan keyword LSI
Apa itu keyword LSI ?

LSI keyword atau latent semantic indexing keyword adalaha kata kunci yang mempunyai relevansi dengan kata kunci yang kita bidik .

Misalnya kata kunci yang kita bidik adalah “kota surabaya” lsi keyword nya . Bisa jadi LSI keywordnya  keindahan kota surabaya , masalah kota surabaya . 

Bagaimana cara menemukan LSI keyword ?

Gak perlu jauh – jauh tinggal liat saja di bagian paling bahwa halaman mesin pencari di  google biasanya seperti ini tampilannya




       -Outbond links
Outbond link adalah link yang mengarah keluar artikel , misal ke artikel lain di blog kita atau blog orang lain .

Kenapa ini saya bilang cukup penting ?
  1. Link Building
Jika di arahkan ke artikel lain di blog kita dapat menjadi pembangun hubungan satu sama lain dengan artikel . Sehingga memudahkan navigasi blog.

     2. Professionalitas

Jika link yang anda berikan menuju website terpercaya atau yang sudah erjamin kualitasnya seperti Wikipedia mau pun Blog- blog yang sudah terjamin kontennya
   3. Menambah informasi .

Menambahkan informasi yang kurang di blog kita , sehingga memudahkan pembaca untuk mengetahui sesuatu yang tidak kita jelaskan didalam artikel kita .

Selain professionalitas yang dilihat oleh pembaca , outbond link yang mengarah ke web besar juga dilihat oleh mesin pencari . 

Setidaknya terdapat 5- 9 kata kunci LSI yang dimasukan kedalam artikel anda .

Sehingga memudahkan kita untuk masuk ke Top 10 SERP

4. Template SEO Friendly
Template  juga sangat penting untuk meningkatkan ranking web , Template juga merupakan unsur utama dalam SEO onpage . 

Beberapa unsur yang menunjang SEO Friendly-nya sebuah template adalah sebagai berikut .
  1. Menggunakan Tag H1
  2. Layout yang pas
  3. Mengandung Meta Tags
  4. Judul widget menggunakan Tag H3
  5. Loading Cepat
  6. Responsive
  7. Breadcrumb
  8. Related Post
SEO-nya sebuah template dapat dilihat dari 8 point diatas . 
      –Tag H1
Tag h1 biasanya dipakai pada judul sebuah artikel didalam HTML tag h1 berbentuk seperti 
<h1>judul artikel </h1>
Jika disajikan dalam bentuk jadi biasanya tag h1 akan merubah tulisan menjadi ukuran sebesar dan seukuran h1 . 

Pilihlah template yang sudah membuat tag h1 otomatis pada judul artikelnya . 

Tapi jangan menggunakan tag h1 secara berlebihan bahkan hanya dianjurkan satu saja dalam setiap artikelnya . Berdasarkan artikel SEO yang sering saya lihat , penggunaan tag h1 berlebihan dalam artikel dapat membuat ranking blog menurun di mesin pencari .

Penggunaan lebih dari satu diperbolehkan asal tidak berlebihan apalagi sampai dianggap SPAM oleh mesin pencari . Ini jelas akan berefek pada ranking .

     –Layout yang pas
Seperti apa layout template yang tepat ?? Banyak sekali desain layout yang berdear di dunia internet dari yang 3 kolom sampai yang 4 kolom . 

Yang sidebar dikiri sampai yang dikanan atau bahkan dikiri dan dikanan

Layout yang tepat dan harus dimiliki oleh template yang SEO adalah yang mempunyai Konten atau isi disebelah kiri dan Side bar disebelah kanan.

Optimasi SEO


       –Mengandung Meta Tags
Tag meta adalah cara terbaik bagi para webmaster dalam memberikan informasi mengenai situs mereka kepada mesin telusur. Tag meta dapat digunakan untuk memberikan informasi ke semua jenis klien, dan setiap sistem hanya memproses tag meta yang dipahaminya dan mengabaikan yang lain. Tag meta ditambahkan ke bagian <head> laman HTML Anda dan umumnya tampak seperti ini:


<!DOCTYPE html>

<html>
<head>

<meta charset="utf-8">


<meta name="Description" CONTENT="Author: A.N. Author, Illustrator: P. Picture, Category: Books, Price: £9.24, Length: 784 pages">

<meta name="google-site-verification" content="+nxGUDJ4QpAZ5l9Bsjdi102tLVC21AIh5d1Nl23908vVuFHs34="/>

<meta name="robots" content="noindex,nofollow">


<title>Example Books - high-quality used books for children</title>

Google memahami tag meta (dan item terkait) berikut:
<meta name="description" content="A description of the page" />Tag ini memberikan deskripsi singkat mengenai laman terkait. Dalam situasi tertentu, deksripsi ini digunakan sebagai bagian dari cuplikan yang ditampilkan di hasil penelusuran. Informasi selengkapnya
<title>The Title of the Page</title>Meski secara teknis bukan merupakan suatu tag meta, tag ini kerap digunakan bersama dengan “deskripsi”. Konten tag ini umumnya tampak sebagai judul dalam hasil telusur (dan tentu saja dalam browser pengguna).Informasi selengkapnya
<meta name="robots" content="..., ..." />
<meta name="googlebot" content="..., ..." />
Tag meta ini dapat mengontrol perilaku perayapan dan pengindeksan mesin telusur. Tag meta robots berlaku bagi semua mesin telusur, sementara tag meta “googlebot” khusus untuk Google. Nilai standarnya adalah “index, follow” (sama dengan “all”) dan tidak perlu ditetapkan. Kami memahami nilai berikut ini (saat menentukan banyak nilai, pisahkan dengan koma):

  • noindex: mencegah laman diindeks
  • nofollow: mencegah Googlebot mengikuti tautan dari laman ini
  • nosnippet: mencegah kutipan ditampilkan dalam hasil penelusuran
  • noodp: mencegah penggunaan alternatif deksripsi dari ODP/DMOZ
  • noarchive: mencegah Google memperlihatkan tautan yang Tersimpan dalam cache untuk suatu laman.
  • unavailable_after:[date]: memungkinkan Anda menentukan waktu dan tanggal aktual untuk menghentikan perayapan dan pengindeksan laman ini
  • noimageindex: memungkinkan Anda menentukan bahwa Anda tidak ingin laman muncul sebagai laman perujuk untuk gambar yang muncul di hasil penelusuran Google.
  • none: setara dengan noindex, nofollow.
Saat ini Anda dapat menentukan informasi ini pada judul laman Anda menggunakan perintah judul HTTP “X-Robots-Tag”. Ini sangat bermanfaat terutama jika Anda ingin membatasi pengindeksan file non-HTML seperti grafis atau jenis dokumen lainnya. Informasi selengkapnya tentang tag meta robot
<meta name="google" content="nositelinkssearchbox" />Saat pengguna menelusuri situs Anda, hasil Google Penelusuran terkadang menampilkan kotak telusur khusus untuk situs Anda, berserta tautan langsung lainnya ke situs. Tag meta ini memberi tahu Google agar tidak menampilkan kotak telusur tautan situs. Pelajari lebih lanjut tentang kotak telusur tautan situs.
<meta name="google" content="notranslate" />Saat kami mengetahui bahwa konten laman tidak dalam bahasa yang mungkin ingin dibaca oleh pengguna, kami kerap menyediakan tautan ke terjemahan dalam hasil penelusuran. Secara umum, hal ini memberi Anda peluang untuk membuat konten yang unik dan menarik bagi kelompok pengguna yang lebih luas. Namun demikian, mungkin akan terjadi situasi saat hal ini tidak diinginkan. Tag meta ini menginformasikan kepada Google bahwa Anda tidak ingin kami memberikan terjemahan untuk laman ini.
<meta name="google-site-verification" content="..." />Anda dapat menggunakan tag ini pada laman tingkat atas di situs guna memverifikasi kepemilikan untuk Search Console. Perhatikan bahwa meski nilai atribut “name” dan “content” harus sama persis dengan apa yang diberikan kepada Anda (termasuk huruf besar dan huruf kecil), tidak masalah apabila Anda mengubah tag dari XHTML ke HTML, atau bila format tag cocok dengan format laman Anda. Informasi selengkapnya
<meta http-equiv="Content-Type" content="...; charset=..." />
<meta charset="..." >
Tag meta ini mendefinisikan jenis konten dan himpunan karakter laman. Pastikan bahwa Anda mengurung nilai atribut isi dengan tanda petik – bila tidak demikian atribut charset dapat ditafsirkan dengan tidak benar. Sebaiknya gunakan Unicode/UTF-8 jika mungkin. Informasi selengkapnya
<meta http-equiv="refresh" content="...;url=..." />Tag meta ini mengantarkan pengguna ke URL baru setelah beberapa waktu tertentu, dan terkadang digunakan sebagai bentuk pengalihan sederhana. Namun demikian, hal ini tidak didukung oleh semua jenis browser dan dapat membingungkan pengguna. W3C tidak menyarankan penggunaan tag ini. Kami menyarankan penggunaan pengalihan sisi server 301 sebagai gantinya.
Lengkapnya tentang meta tag silahkan kunjungi link berikut  

Cara memasang meta tags untuk blogger bisa dilihat disini

         -Judul Widget harus menggunakan Tag H3.
Dari informasi yang saya dapatkan tag h3 pada judul widget juga cukup berpengaruh pada SEO .

       -Loading Cepat 
Loading yang cepat sangat berpengaruh pada pembaca dan pada SEO juga . Terutama pada user experience . 

Sekarang tanyakan pada diri anda sendiri . Lebih suka mana ? blog dengan loading cepat atau blog dengan loading sangat lambat ?

Maka dari itu gunakanlah template yang loadingnya cepat .

       –Responsive
Apa sih responsive itu ? Responsive berarti template yang anda gunakan dapat compatible dalam berbagai jenis gadget, dari yang layarnya cukup besar sampai yang layarnya kecil .

Jadi blog anda dapat dilihat dimanapun , digadget kecil maupun besar tanpa ada kesalahan pada disain template yang anda gunakan.

    – Breadcrumb
Breadcrumb biasanya terdapat diatas judul artikel , fungsinya breadcrumb adalah menunjukan letak artikel yang sekarang kita lihat . Entah apa hubungannya tapi breadcrumb ini sering dihubungkan dengan template yang SEO.

Mungkin karena breadcrumb ini menunjukan lokasi yang sekaligus menunjukan label yang dapat mendukung navigasi blog . Seperti ini tampilannya 
      – Related Post
Point terakhir dari template yang SEO adalah related post , dengan fungsi yang sama dengan point diatas , related post juga merupakan Navigasi blog dan lebih memudahkan pembaca untuk menemukan konten yang ada di blog anda.

Artikel yang ditampilkan di related post biasanya hanya sebatas judul saja dan masih berhubungan atau satu label dengan artikel yang sedang dibaca .

5.Menanam Backlink
Banyak cara untuk menanam backlink , dari yang dibikin-bikin sampe yang natural . Biasanya orang orang mencari backlink dari blog commenting yang menurut salah satu artikel yang saya liat blog commenting telah dianggap sebagai spam oleh google .

Lalu bagaimana cara mendapatkan backlink yang baik ?

Begini caranya : 
  1. Guest Post di blog atau forum terkenal .
  2. Buat Konten berkualitas
  3. Minta ke blog-blog besar
   –Guest Post
Guest post bisa melahirkan backlink dan juga dapat meningkatkan trafik . Dengan cara menyisipkan url blog kita diartikel yang kita kirim ke blog atau forum tersebut .

Forum yang bisa kita pakai contohnya 
  1. Bersosial.com
  2. Kaskus.com
Dan untuk mengirim ke blog besar bisa kita kirim lewat halaman tulis artikel atau bisa langsung mengirim email ke yang mempunyai blog tersebut .
    – Buat konten berkualitas.
Ini berarti konten yang anda buat haruslah mempunyai nilai viral yang tinggi dan bahasan yang mendalam .

Apa hubungannya ?

Begini hubungannya bayangkan diri anda sebagai penulis lalu anda membuat blog dengan niche tertentu . Lalu anda menemukan blog dengan artikel berkualitas yang mempunyai niche yang sama dengan anda .

Lalu blog itu mempunyai suatu bahasan yang juga ingin anda bahas. Maka mungkinkah jika anda menaruh link blog itu sebagai rujukan dari konten yang anda bahas ?

Seperti saya yang sering mencantumkan blog Panduan IM sebagai sumber rujukan dari beberapa point dalam artikel yang tak dapat saya bahas lebih jauh .

Karena saya tau bagaimana kualitas artikel tersebut , dan seberapa pantas untuk dijadikan rujukan .

      –Minta ke blog – blog besar
Terdengar sedikit aneh bukan ?dan mungkin juga terdengar susah . Tapii beginilah perjuangannya untuk mendapatkan backlink yang terbaik . 

Harus dengan sedikit perjuangan .
Anda tahu bahwa isi konten dari blog – blog besar pastilah berkualitas ?

Maka berarti point ini masih ada hubunganya dengan point diatas .

Anda harus membuat konten yang sangat berkualitas sehingga blog – blog besar mau sedikit berbagi dengan mempromosikan blog anda di blognya .

Kenalkan artikel atau konten anda yang paling hebat kepada mereka , buat mereka tertarik dan minta mereka memberikan sedikit link yang menuju ke blog kita dari blognya.

Kesimpulan
Kesimpulanya untuk mencapai Top 10 Di SERP . Anda harus bekerja keras, tak pernah lelah dan menyerah , luangkan waktu dan berdoa .

Dan jangan tinggalkan point – point diatas terutama 
  1. Riset kata kunci
  2. Penerapan kata kunci
  3. Buat artikel berkualitas
  4. Selalu update
  5. Template 
  6. Backlink
Sekarang sudahkah anda melakukan semuanya ? Silahkan tulis di komentar.

Semoga Bermanfaat .

7 Comments

  1. Wah penjelasanya walaupun panjang tapi sangat detail dan jelas bahkan saya yang masih awam saja langsung faham, artikel yang sangat berharga buat para blogger.

    Trimakasi infonya gan salam kenal n sukses selalu.

Leave a Reply