Marketplace Besar pun Tak Lepas dari Penipuan, Mari Simak Tips Menghindarinya.

Seperti yang saya perhatikan, diawal tahun 2015 sedang marak- marak nya penipuan yang mengatasnamakan Tokopedia, dari mulai web palsu sampai email phising yang membuat para pembeli terkecoh.

Ya memang saya dari pada marketplace lain yang menggunakan rekber sebagai dasar transaksinya, Tokopedia merupakan marketplace yang paling banyak terdapat penipuan didalamnnya.

Namun itu bukan merupakan kesalahan Tokopedia, karena saya yakin Tokopedia merupakan marketplace terpercaya.

Menurut web Tokopedia sendiri penipuan yang mengatasnamakan mereka menggunakan teknik phising, yang sistemnya mengalihkan calon korban ke web palsu yang di desain semirip mungkin dengan web Tokopedia.

Jadi biasanya pengunjung akan dialihkan kearah web palsu oleh si penipu misalnya: tokopediiia.com, admin-tokopedia.cz penipu mengusahakan nama web semirip mungkin dengan tokopedia.com

Selain itu, dari yang saya pernah liat disalah satu forum, penipuan di tokopedia ada juga yang menggunakan tehnik email phising. Sistemnya, sipenipu mengirimkan email yang seakan -akan ini adalah email dari tokopedia lalu meminta si calon korban memasukan email & password akun.

Lalu untuk melancarkan aksinya si penipu mengkonfirmasi barang yang dikirim, agar seakan akan telah sampai dan memberikan testimoni ditempat dagangannya di marketplace tersebut.

Ini adalah salah satu contoh pengguna tokopedia yang terkena email palsu/phising.

Bener akun saya semalam juga kena hack alias dibajak, gara-gara ada penawaran yang mengatasnamakan Administrator Gold Merchand yang memberikan promosi keanggotan Gold Merchand gratis. Jam 1 malam link untuk menuju form langsung saya isi data email dan password. Saya tidak kontrol malem malem ada pesan masuk tidak saya perhatikan sekali, bahwa ling tersebut adalah bukan tokopedia. saya terjebak dengan administrator gold merchand. ini isi pesannya:
Adiministrator Gold MerchantAdiministrator Gold Merchant Pengguna – sekitar 13 jam yang lalu
Selamat Anda Terpilih Mendapatkan Gold Merchent
Verifikasi akun ada di http://www.pendaftaran-merchant.hol.es
Untuk Mendapatkan Selama 1 Tahun
Salam.
Tokopedia. Spam
pagi hari saya buka semua hancur: email saya gmail juga ikut dibobol. akun saya semua data diganti. Saldo 4.200 an juta ditarik kerekening hacker (untung masih proses belum sampai masuk). saya berharap uang saya bisa kembali
Akun atas nama Kasna

Tokopedia sendiri memberi tahu data pribadi yang sebaiknya tidak anda sebarluaskan adalah sebagai berikut .

  • Email dan password akun
  • Nomor rekening, termasuk juga nama pemilik rekening dan bank
  • Nomor telepon
  • Detail transaksi yang Anda lakukan
  • dan sebagainya


Untuk menghindari penipuan semacam itu saya akan berikan tips untuk menghindari penipuan di marketplace semacam itu. 

1. Lihat harga yang ditawarkan.

Jangan mudah percaya dengan harga yang sangat murah. biasanya penipu menawarkan harga yang jauh dari harga pasaran, bahkan dengan selisih 50% saya meyakini bahwa harga pasar online tak berbeda jauh dengan harga pasar offline. Jadi coba cari info harga barang yang akan anda beli dulu.

2. Perhatikan domainnya.

Domain tokopedia saat ini adalah tokopedia.com jadi tak akan berubah menjadi admin-tokopedia.com atau tokopedia-cs.com . Hati hati jika anda melihat perubahan semacam itu, itu adalah penipuan !

3. Perhatikan nama pemilik rekening.

Jika anda disuruh melakukan transfer uang, maka harusnya rekening yang anda tuju adalah rekening milik PT. Tokopedia, bukan atas nama nurdin atau nama suleman dll.

4. Jangan bertransaksi selain lewat Tokopedia /Marketplace lainnya.

Karena tokopedia dan beberapa marketplace yang menyediakan sistem rekber telah menyediakan sistem transaksi yang melalui jalur tokopedia sendiri. Maka jangan mau jika anda disuruh bertransaksi lewat email atau lewat sosmed.

One comment

Leave a Reply