Cara Mudah Mengatasi Malware Pada Linux

Pada dasarnya cara mengatasi malware di linux cukup mudah dan dapat Anda ikuti tanpa harus mempelajari hal yang sulit. Selama ini perangkat lunak berupa Clam AntiVirus sudah cukup ampuh untuk melakukan scan virus serta malware berbahaya yang ada di server atau VPS Linux.

Jika Anda mengikuti tutorial di bawah ini, nantinya bisa mendeteksi malware yang terdapat di server dengan basis Linux. Bukan hanya itu, cara-cara berikut juga membuat Anda mampu menghapus malware yang berada di Linux.

Inilah Cara-Cara Mengatasi Malware di Linux Terlengkap

Sebelum membahas tentang bagaimana cara mengatasi malware di linux, terdapat sejumlah syarat yang harus Anda penuhi. Setelah itu barulah Anda dapat mengikuti panduan yang ada berikut ini:

  1. Linux yang sedang Anda pakai adalah varian Centos atau Debian maupun Ubuntu.
  2. Syarat kedua adalah Anda mempunyai akses sebagai root ataupun setidaknya sebagai user sudo.

Cara Mengatasi Malware yang Ada di Linux

Apabila semua persyaratan di atas telah Anda penuhi berulah Anda dapat mengikuti tahapan atau cara mengatasi malware di linux dengan panduan berikut ini:

1. Menginstal Clamav

Pertama Anda perlu meniginstal Clamav. Adapun Clamav adalah salah satu antivirus berupa opensource yang sangat populer. Untuk cara instalnya sendiri, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini, namun pastikan agar menyesuaikan dengan os yang dipakai:

  • Untuk OS Centos: sudo yum install epel, lalu release clamav, y
  • Untuk pemasangan di debian atau Ubuntu: apt update lalu y, atau apt install clamav kemudian y

Bukan hanya itu, silahkan Anda install htop guna memudahkan dalam membaca tahap yang sedang aktif.

2. Konfigurasi Clamav

Selanjutnya dalam cara mengatasi malware di linux adalah Anda perlu melakukan konfigurasi pada tahap awal. Sebagai informasi, khusus di OS Centos Anda perlu menutup kata-kata seperti Example. Adapun cara termudahnya, Anda dapat menggunakan perintah berupa sed seperti yang ada di bawah ini:

  • Sudo sed –I –e kemudian “s/’example/#example/” lalu /etc/freshclam.conf
  • Cara lainnya yaitu: sudo sed – I –e lalu “s/’Example/#Example/’ kemudian /etc/clamd.d/scan.conf

Berikutnya Anda juga perlu melaukan pembaruan virus database dari layanan Clamav baik itu OS Centos ataupun Ubuntu langkahnya sama yaitu:

  • sudo lalu freshclam
  1. Melakukan scan

Sesudah tahap update selesai, cara mengatasi malware di linux selanjutnya Anda dapat melakukan tes antivius Clamav dengan langkah melakuan scan menuju direktori tertentu, contohnya saja ke direktori berupa /home yang seperti di bawah ini:

  • sudo clamscan lalu –r atau home

Apabila memang direktori berupa /home Anda tak terdapat malware, otomatis hasilnya akan terlihat kosong begitu saja. Lantas bagaimana cara agar bisa tahu clamav berfungsi?

Supya Anda tahu tentang fungsi dari platform Clamav, silahkan unduh sebuah virus agar bisa melakukan testing. Adapun ini merupakan sebuah program yang tak berbahaya dengan nama EICAR – AV – Test. Berikutnya coba untuk scan secara keseluruhan directory. Nantinya scan dalam tahap cara mengatasi malware di linux dilakukan menyeluruh terhadap sistem root. 

Tetapi melewati /sys guna menghindar dari warning yang tak penting. Pasalnya bagian ini hanyalah file berbentuk virtual yang bagian isisnya tak bisa dilihat, Sehingga tak mungkin pula di masuki keberadaan virus pula. 

Apabila Anda sudah yakin, maka Clamavnya sudah dapat mendeteksi virus ataupun malware yang terbilang tepat namun bukan termasuk salah satu file penting yang ingin disimpan. Namun penting untuk Anda berhati-hati saat memakai perintah berupa remove. Adapun perintah tersebut aman dipakai setidaknya sesudah Anda scan menggunakan perintah berupa –r sebelumnya.

Kemudian agar dapat melakukan scan ke directory pilihan ada baiknya menggunakan perintah berikut ini. Contohnya yaitu untuk melakukan scan kepada home/directory:

  • sudo clamscan lalu –r / home.

Lalu agar bisa menghapus adanya file terinfeksi malware dalam directory pilihan, cara mengatasi malware di linux ini dapat Anda lakukan dengan perintah di bawah ini:

  • sudo clamscan lalu – – infected kemudian – – remove, lalu – – recursive /home

Sebagai tambahan, Anda dapat juga menghapus secara manual untuk malware yang ditemukan menggunakan perintah rm. Adapun contoh malware yang ditemukan itu antara lain:

  • ssfeess.pid
  • tsm
  • 2Tpdyts.php
  • msxhbgdx.php

Sesudah berhasil menghapusnya, Anda jangan sampai lupa melihat pada prosesnya. Adapun caranya sendiri yaitu bisa memakai perintah, ps ataupun htop. Jika masih jalan maka bisa dikill misalnya dengan nama malware tsmBkks. Sesudah tampil PID nya itu Anda bisa langsung dikill.

Selain langkah di atas, adapula cara mengatasi malware di linux lain yang dapat Anda gunakan sehingga dapat mengatasi adanya malware berdasarkan dengan jenisnya.

Tips Pencegahan Agar Tidak ada Malware

Sesudah bersih-bersih, agar mencegah kejadian serupa terulang kembali terdapat sejumlah tips yang dapat Anda lakukan antara lain:

1. Meningkatkan Kerumitan Password

Perlu Anda ketahui, berdasarkan pengalaman beberapa orang salah satu lubang sehingga membuat malware bisa masuk dalam server milik Anda adalah lantaran password yang sangat umum dipakai. Sebenarnya Anda dapat memakai situs seperti biasa agar dapat mengukur kekuatan password tersebut.

2. Selalu melakukan update

Memang terlihat sepele, namun cara mengatasi malware di linux bisa bermasalah kembali dengan melakukan update adalah hal yang sangat membantu. Pembaruan update berlaku dalam OS yang Anda gunakan, serta file situs Anda seperti plugin.

Itulah beberapa cara mengatasi malware di linux mudah yang dapat Anda lakukan secara langsung.

Leave a Reply