Cara Mudah Back Up Chat Whatsapp dan Merestorenya

Tidak  sama dengan aplikasi Telegram, Whatsapp tidak menyimpan pesan yang ada di server secara otomatis, namun disimpan di layanan penyimpanan awan masing-masing platform. Seperti contohnya, pengguna iphone akan dicadangkan pesannya di iCloud drive, sedangkan pengguna android akan dicadangkan pesannya di google drive. Pentingnya untuk mengetahui cara backup ini agar nantinya tidak pusing lagi jika ingin mencari chat lama untuk berbagai kepentingan.

Cara backup chat Whatsapp wajib diketahui oleh seluruh pengguna aplikasi ini. Sebab akan ada kondisi dimana seseorang harus melakukan restore ataupun pergantian ponsel karena satu dan lain hal. Agar bisa digunakan lagi, pengguna harus bisa membackup chatnya agar saat dibutuhkan bisa diakses kembali. Terlebih lagi jika chat Whatsapp ini menyangkut pekerjaan dan beberapa kepentingan lainnya, pasti akan sangat dijaga agar tak hilang. 

Proses backup dilakukan untuk mengembalikan data yang rusak, hilang, corrupt, maupun terkena virus. Sedangkan restore memiliki arti mengembalikan file atau data yang dicadangkan untuk kembali ke tempat semula. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, baik secara manual sampai yang bisa melakukan secara otomatis. Backup dan restore ini akan dibahas secara lebih detail pada ulasan kali ini.

Cara Backup Chat di Whatsapp

Tak perlu khawatir berlebih, cara untuk mencakup chat ini terbilang mudah. Pengguna bisa memulihkan kapanpun dan dimanapun. Seperti apa caranya? Semua akun di bahas secara lengkap berikut ini. Jadi, pastikan untuk menyimaknya sampai habis ya.

1. Backup Manual

Pada dasarnya, aplikasi WA telah menyediakan fitur pencadangan data agar nantinya pengguna bisa mudah menemukan chat lagi jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Namun, perlu diketahui bahwa pengaturan backup otomatis harus diatur terlebih dahulu agar bisa dicadangkan secara rutin setiap harinya. Ada baiknya untuk melakukan backup data secara manual untuk memastikan chat penting tetap aman. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Whatsapp
  • Klik titik tiga yang ada di tampilan aplikasi (sudut kanan)
  • Pilih setelan lalu klik Chat
  • Pilih Cadangkan Chat, lalu klik ok

Jika sudah, biasanya chat akan langsung dicadangkan ke drive yang terpasang aktif di ponsel. Syarat yang haru dipenuhi untuk bisa melakukan backup ini yakni dengan menginstal Google Play, pastikan ruang memori cukup, dan koneksi internet lancar.

2. Cara Backup dengan Memanfaatkan Fitur Export Chat

Tak hanya cara manual yang bisa dilakukan untuk backup chat agar bisa dilihat lagi di kemudian hari, cara lain yang bisa digunakan adalah memanfaatkan fitur export chat. Bukan hanya chat yang sifatnya pribadi, pesan grup pun bisa dicadangkan dengan fitur ini. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Buka room chat individu ataupun grup yang akan diekspor atau backup.
  • Klik ikon titik tiga pada layar lalu klik Lainnya.
  • Pilih Export Chat
  • Akn muncul menu “Lampirkan Media atau Tidak”

File chat akan di backup melalui fitur export chat ini. Adapun media yang ada di room chat akan dihitung sebagai lampiran. Adapun jumlah pesan yang bisa diekspor adalah sebanyak 10.000 lesan. Sedangkan untuk media, batasnya sampai 40.000. Perbedaan ino didasarkan pada keterbatasan pada ukuran email sehingga jumlahnya tidak sama.

Restore Pesan Whatsapp

Setelah mengetahui bagaimana cara backup chat Whatsapp melalui kedua cara di atas, berikutnya informasi yang akan disajikan adalah cara restore pesan whatsapp. Pengguna bisa restore pesan dari drive hanya dengan memanfaatkan nomor handphone atau local backup (cadangan lokal). Pastikan nomor yang digunakan untuk sama dengan nomor yang digunakan saat membackup chat.

Adapun langkah yang harus dilakukan untuk me restore chat dari drive:

  • Uninstall aplikasi Whatsapp
  • Tunggu beberapa saat sebelum menginstalnya kembali.
  • Jika sudah berhasil di install ulang, buka aplikasi Whatsapp
  • Verifikasi nomor handphone
  • Beberapa saat kemudian akan muncul menu “Pulihkan Chat whatsapp” klik “Restore”
  • Setelah berhasil restore, klik “Lanjut”.
  • Pesan akan ditampilkan kembali jika proses inisialisasi telah selesai dilakukan.
  •  Whatsapp akan memulihkan file media ketika chat telah berhasil dipulihkan

Apabila pengguna tidak melakukan backup data sebelum menginstall kembali aplikasi WA, maka proses restore akan memakai file cadangan lokal. Jadi, pastikan telah melakukan backup data atau mencadangkan di cadangan lokal agar chat bisa dilihat kembali.

Restore Chat Whatsapp dari Local Backup

Telah dibahas sebelumnya apabila pengguna tidak melakukan backup data ke google drive, maka proses restore akan diambil dari cadangan lokal. Adapun langkah yang harus dilakukan pengguna adalah mentransfer semua file ke ponsel menggunakan pc, kartu SD ataupun file explorer. Umumnya, ponsel akan menyimpan semua file cadangan lokal selama 7 hari terakhir. 

Cadangan lokal atau local backup ini secara otomatis akan dibuat setiap pukul 02.00. Selain itu, file ini juga akan disimpan dalam perangkat ponsel pengguna yang bisa ditemukan di kartu SD, file folder, ataupun penyimpanan internal masing-masing pengguna. 

Seluruh proses backup data di atas bjsa saja gagak jika Whatsapp tidak menemukan satupun file cadangan. Hal ini dikarenakan pengguna tadi tidak terhubung satupun dengan akun google yang sama. Atau bisa juga disebabkan oleh nomor telepon yang digunakan tidak sama saat membackup dan restore chat Whatsapp. 

Untuknya, pastikan akun google dan nomor telepon yang digunakan itu sama saat mengganti ponsel agar chat lama masih bisa dikembalikan berikut media yang ada di dalamnya. Demikian cara backup chat Whatsapp beserta cara merestorenya dari drive dan local backup. Semoga menjadi edukasi yang bermanfaat.

Leave a Reply