10 Aplikasi Penyimpan Data Online Yang Perlu Diketahui

Zaman sudah semakin canggih dengan berbagai kemudahan yang bisa didapatkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Sekarang tak perlu lagi khawatir untuk menyimpan file penting dan memenuhi memori perangkat, karena ada aplikasi yang bisa digunakan untuk menyimpan data secara online. Fitur penyimpanan ini biasa juga disebut dengan istilah cloud storage.

Tentunya software ini akan sangat bermanfaat untuk menjaga RAM ponsel agar stabil. Lalu apa saja aplikasi penyimpan data online tersebut? Berikut ini informasinya:

1. Google Drive

Aplikasi satu ini mungkin tidak asing lagi sebab kepopularitasnya sudah sangat diakui. Bahkan google drive menjadi aplikasi penyimpan data online nomor satu yang paling banyak digunakan. File yang bisa disimpan dalam aplikasi ini sangat banyak, mulai dari dokumen, pdf, ppt, gambar, dan banyak lagi lainnya. Keamanannya juga terjamin karena terkoneksi langsung dengan akun google dan email pengguna.

Google drive menyediakan kapasitas sebesar 15 GB yang bisa digunakan gratis oleh setiap Pengguna. Jumlah ini tentunya sudah lebih dari cukup untuk digunakan dalam menyimpan file harian untuk kuliah maupun pekerjaan. Untuk menambah kapasitasnya, pengguna harus membayar sejumlah tarif yang sudah ditetapkan pihak developer. Menariknya, semua file dan data ini bisa dibagikan dengan teman melalui akses atau izin dari pengguna sehingga tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

2. Dropbox

Aplikasi untuk menyimpan data online kedua ada Dropbox. Sama halnya dengan Google Drive, aplikasi Dropbox juga menjadi salah satu platform dengan banyak pengguna. Bagi yang sudah sering mengunduh dan mengupload file ke internet pastinya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi satu ini. Untuk kapasitasnya sendiri sebanyak 10 GB, setiap pengguna bisa bebas menyimpan file atau datanya secara gratis.

Tidak hanya diperuntukkan untuk yang suka mengunduh atau mengupload file ke internet saja, orang yang tak berkepentingan demikian pun bisa menyimpan data pentingnya disini. Dengan Kapasitas sebanyak itu pastinya sudah sangat mencukupi kebutuhan penyimpanan ponsel Anda bukan? Ini lebih baik daripada menumpuknya di memori perangkat dan membuat ponsel menjadi lemot karena filenya terlalu banyak.

3. OneDrive

Berikutnya ada OneDrive yang merupakan aplikasi penyimpanan data online milik Microsoft yang pada mulanya dikenal dengan nama SkyDrive dan berubah nama seiring berjalannya waktu. Menggunakan aplikasi ini, pengguna tidak perlu khawatir data bocor, karena keamanan file akan terjamin. 

Pada aplikasi ini juga pengguna bisa mengedit dokumen dan dan menyimpannya secara langsung setelah selesai pengeditan. Untuk kapasitas aplikasi penyimpan file online ini adalah 5GB. Ukuran penyimpanan itu sudah sangat cukup untuk penggunaan harian file penting yang dimiliki. Bisa diakses di semua perangkat, baik komputer hingga ponsel dengan berbagai tipe. 

4. G Cloud Backup

Berikutnya adala G Cloud Backup yang merupakan aplikasi penyimpan data online yang bisa digunakan untuk membackup segala data penting yang ada di ponsel secara gratis dengan kapasitas yang besar. Aplikasi buatan Genie9 LTD ini memiliki interface yang sederhana sehingga mudah dioperasikan.

Pengguna bisa melihat dengan mudah jenis file maupun penyimpanan data dengan efisien. Adapun data yang bisa di backup menggunakan aplikasi ini berupa dokumen, video, audio, sms, dan beberapa file penting pengguna lainnya. 

5. Degoo 100 GB

Meski tak seterkenal aplikasi lainnya, Dego 100GB terbilang cukup flexible digunakan untuk menyimpan data secara online. Bahkan, aplikasi ini bisa menyimpan data seseorang hingga 100GB. Tak Perlu khawatir soal kemaman data, karena aplikasi ini menyediakan PIN keamanan untuk menjaga privasi data yang dimiliki. Jika tak puas dengan space 10GB, pengguna juga bisa mengupgrade akunnya menjadi premium dengan membayar $2,99/bulan.  

6. Box

Selanjutnya ada aplikasi Box yang peranan dan fungsinya hampir sama dengan penyimpan data online sebelumnya. Kapasitas Box ini mencapai 10GB dengan fitur yang easy to use. Pengguna bisa dengan mudah menyimpan, berbagi, dan juga melakukan preview langsung dengan layar penuh. Mendukung lebih dari 200 lebih file, termasuk PDF, word, Excel, Al, PSD, dan banyak lagi lainnya.

7. Mega

Bagi yang membutuhkan aplikasi penyimpan data dengan kapasitas lebih besar mungkin akan menyukai Mega. Dilengkapi space 50 GB dan bisa diakses gratis oleh pengguna. Aplikasi ini adalah buatan Mega Ltd dengan pengaman yang bisa melindungi file dengan baik. Berbagai macam file bisa disimpan melalui Mega dengan banyak fitur yang bisa digunakan.

8. Amazon Drive

AmozonDrive menawarkan file storage yang cukup untuk menyimpan semua file penting dengan keamanan yang terjamin. Ini bisa menjadi solusi untuk mengosongkan perangkat ponsel agar lebih lega. Nantinya file akan disimpan dan dikategorikan sesuai dengan jenis file tersebut. Dengan begitu, pengguna bisa dengan mudah mencari dokumen atau data penting lain yang sedang dibutuhkan.

9. MyCloud

MyCloud menjadi aplikasi penyimpan data yang bisa melakukan auto backup data penggunanya. Jika penyimpanan ponsel sudah hampir penuh, maka aplikasi ini akan melakukan backup otomatis sehingga tidak perlu menghapus beberapa file agar meringankan kinerja RAM ponsel. Berbagai data penting juga akan disimpan secara online dan tingkat keamanan tinggi.

10. Es File Explorer File Manager

Terakhir ada Es File Explorer yang juga menjadi solusi terbaik untuk mengamankan data secara online. Aplikasi ini memiliki cloud storage sehingga tidak memerlukan memori internal ponsel. Menariknya, pada aplikasi ini terdapat fitur task killer yang bisa mengatasi perangkat jika terjadi lag. Tak hanya itu, keistimewaan lain dari aplikasi ini adalah terhubung dengan beberapa penyimpanan online lainnya, seperti Dropbox, Google Drive, dan lain-lain.

Itulah tadi 10 aplikasi penyimpan data online yang wajib dimiliki. Keberadaan aplikasi ini akan sangat membantu untuk mengamankan data tanpa perlu takut memori internal ponsel jadi menipis. Sekian ulasan kali dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply