Amankah Belanja Online di Bukalapak ?

Bukalapak merupakan salah marketplace besar diIndonesia, Bukalapak juga salah satu dari beberapa marketplace besar yang menawarkan keamanan dalam berbelanja online.

Bagaimana sistem pembayaran di bukalapak ?

Menurut bukalapak sendiri, keunggulan dari sistem pembayaran yang di punyainya adalah.

Keunggulan Payment System Bukalapak.com dibanding rekening bersama tradisional:

  • Lebih cepat – karena pembeli dapat langsung membayar tanpa harus hubungi penjual untuk sepakat menggunakan rekening bersama seperti yang dilakukan di forum jual beli.
  • Notifikasi SMS – tiap pembeli melunasi pembayaran maka secara real-time penjual mendapat SMS dari sistem Bukalapak.com untuk segera kirim barang.
  • E-banking – tak seperti rekening bersama tradisional, lewat Payment System Bukalapak.com pembeli dapat membayar lewat transfer, BCA KlikPay atau Mandiri Clickpay.
  • Tercatat sistem – proses transaksi diatur otomatis oleh komputer sehingga kecil kemungkinan ada kesalahan yang dapat dilakukan manusia.
  • Otomatis refund – sistem otomatis deteksi dan mengembalikan(refund) dana ke pembeli jika dalam 3 hari penjual tidak mengirim barang.
  • Feedback positif – penjual tetap mendapat feedback positif jika tidak ada konfirmasi dari pembeli, jadi tidak perlu meminta-minta pembeli untuk beri feedback/rekomendasi.
  • Tim Customer Service – walau transaksi telah diatur oleh sistem, BL tetap miliki tim Customer Service yang sigap melayani pembeli dan penjual yang belum paham cara bertransaksi dengan Payment System Bukalapak.com

Sistem pembayaran di bukalapak adalah, dengan menggunakan sistem rekber atau juga buka dompet (yang dalam logikanya sama saja).

Yaitu, dengan mengirimkan uang ke rekeningbukalapak dengan kode transaksi tertentu, lalu dari pihak bukalapak akan mengirimkan uang itu ke distributor/penjual.

Sejauh ini setau saya berbelanja di bukalapak cukup aman, uang pasti akan kembali jika barang tidak sampai.

Namun yang banyak dikeluhkan oleh orang – orang yang membeli lewat akun bukalapak adalah, sistem pengembaliam uang yang agak lama.

Banyak konsumen yag mengeluhkan bahwa bukalapak sedikit low respon juga, memakan waktu yang lama dalam proses pencairan.

Namun ada juga beberapa yang tidak mendapatkan uang kembali, namus saya yakin ini hanya sebuah kesalahan sistem atau kesalahpahaman dari respon yang cukup lama.

Ada juga yang mengeluhkan banyaknya review palsu di bukalapak.

Saya disini bukan menjelekan atau membaguskan pihak manapun.

Tetapi saya mencoba memberikan saran dan tips ataupun info tentang pihak – pihak yang menjadi tempat bernaungnya masyarakat.

Intinya aman atau tidaknya sesuatu dimanapun itu, bahkan yang 100% terjamin aman.

Masih ada saja penipuan yang membuat masyarakat merugi.

Untuk menghindari penipuan semacam itu saya akan berikan tips untuk menghindari penipuan di marketplace semacam itu.

1. Lihat harga yang ditawarkan.

Jangan mudah percaya dengan harga yang sangat murah. biasanya penipu menawarkan harga yang jauh dari harga pasaran, bahkan dengan selisih 50% saya meyakini bahwa harga pasar online tak berbeda jauh dengan harga pasar offline. Jadi coba cari info harga barang yang akan anda beli dulu.

2. Perhatikan domainnya.

Domain tokopedia saat ini adalah tokopedia.com jadi tak akan berubah menjadi admin-tokopedia.com atau tokopedia-cs.com . Hati hati jika anda melihat perubahan semacam itu, itu adalah penipuan !

Lihat Selengkapnya di Artikel ini . Menghindari Penipuan di Marketplace

One comment

Leave a Reply