7 Jenis Kata Kunci Yang Biasa Dicari Pengunjung

Kata kunci adalah beberapa kata yang ditulis dalam sebuah mesin pencari yang nantinya akan dicocokan dengan konten- konten yang paling relevan .

Menurut pendapat saya, dalam praktik SEO kata kunci harus jadi langkah pertama yang dilakukan.

Kata Kunci sendiri merupakan tiang dari SEO karena tujuan dari SEO adalah mendapatkan trafik dari kata kunci yang dibidik .

Menurut saya setidaknya ada 6 jenis kata kunci yang dapat anda pelajari untuk memudahkan riset kata kunci anda .

  1. Buying Keyword
  2. Asking Keyword
  3. Seasonal Keyword
  4. Symptom Keyword
  5. Spesific Keyword
  6. Brand Keyword 
  7. Update Keyword
7 kata kunci diatas adalah kata kunci umum yang biasa digunakan .

1. Buying Keyword

 Maksud keyword ini adalah keyword yang dapat menghasilkan sebuah transaksi jual beli . Misalnya begini saya ibaratkan anda adalah seorang fotograper dengan dana terbatas . Nah disini anda ingin mencari sebuah kamera DSLR dengan harga murah melalui mesin pencari .
Lalu anda mencari kata kunci “Jual kamera DSLR”
Nah disana akan terlihat hasilnya, jika barang dari salah satu website cocok maka bisa jadi anda akan membelinya .
Jika anda adalah seorang pedagang yang baru dan masih mempunyai website newbie yang belum banyak orang yang tau, maka anda dapat menggunakan long-tail keyword sebagai gantinya .
“Jual kamera DSLR Murah”
“Jual kamera DSLR harga nego”
atau anda bisa memakai LSI seperti gambar diatas , keyword – keyword tersebut terletak dibagian bawah hasil pencarian Google.
2. Asking Keyword

Keyword ini dipakai orang orang untuk menanyakan sesuatu / mencari pemecahan dari masalah yang sedang dihadapi .
Biasanya keyword semacam ini menggunakan awalan ” bagaimana cara”,umumnya artikel dengan target keyword ini dapat bertahan lama karena , artikel seperti ini biasanya berisi tutorial yang akan terus dipakai selama alat dan bahan dari tutorial tersebut masih ada .
3. Seasonal Keyword

 Kata kunci musiman, kata kunci seperti ini hanya ramai pada saat musim – musim tertentu. 
Seperti halnya kata kunci “Cara Membuat Kue Lebaran”
Lihat Grafik Berikut .
Grafik menyatakan bahwa pencarian Cara Membuat Kue Lebaran hanya naik pada saat – saat tertentu dalam 1 tahun (pada saat menjelang lebaran pastinya )
Kata Kunci semacam ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan trafik tambahan menjelang saat – saat tertentu .
4.Symptom Keyword

Kata kunci seperti ini biasanya muncul dari keresahan akan munculnya sebuah gejala terhadap sesuatu, namun masih bingung ingin melakukan apa terhadap gejala tersebut .
Misalnya tiba – tiba saja laptop anda mendadak sering mengalami shut down paksa /mendadak .
Tapi anda masih bingung ini adalah sebuah kerusakan atau hanya sebuah kenormalan biasa .
Lalu anda mencari dengan Keyword ” Laptop sering mati mendadak ” 
Kata kunci semacam ini terlihat menggantung, tapi banyak artikel yang bisa keluar dari sini .
Lihat gambar diatas .
Dari keyword yang dipakai anda bisa melihat bahwa ada 2 – 3 topik yang berbeda dari 1 kalimat keyword .
Untuk menguasai keyword semacam ini anda harus bisa menciptakan artikel dengan perkiraan apa – apa saja yang akan keluar dari hasil pencarian 1 keyword tersebut .
Misal pengunjung mencari kata kunci ” Modem Sering Disconnect Sendiri”
Maka bisa saja topik -topik yang akan keluar adalah 
  • Penyebab
  • Cara  Mengatasi
  • Cerita Serupa, dll
5. Spesific Keyword

 Ini adalah keyword digunakan untuk mencari secara spesifik sesuatu. Biasanya pengunjung mencari secara spesifik dengan menyebutkan model , kode , atau sesuatu yang mengarah pada sesuatu yang spesifik .
Keyword ini dapat berbentuk sama dengan 4 keyword diatas yang membedakannya adalah tingkat Kespesifikan sesuatu yang ingin dicari tersebut.
Seperti ini contohnya
Keyword semacam ini memang memiliki trafik yang sedikit , tapi keyword yang seperti ini memiliki saingan yang rendah.
6. Brand Keyword

Kadang kadang orang mempunyai kepercayaan yang tinggi terhadap brand – brand tertentu sehingga menambahkan kata kunci yang dicarinya dengan brand tersebut .
Kata kunci ini juga masih berkaitan dengan Buying Keyword . 
Begini contohnya misalnya anda adalah seorang yang sangat mencintai merek sepatu Adidas , lantas anda melakukan pencarian dengan berbagai keyword dengan tambahan merek adidas .
” Sepatu Adidas Terbaru”
“tas adidas original murah “

7. Update Keyword

Ini mungkin sama seperti kata kunci musiman , tapi bedanya umur kata kunci ini lebih muda dari pada kata kunci musiman .
Karena kata kunci semacam ini muncul dari update dan perkembangan terbaru dari media massa , yang membuat orang lain penasaran sehingga membuat mereka ingin mengetahui beritanya melalui internet . 
Kata kunci semacam ini mungkin hanya bertahan 4 hari / tergantung umur dari beritanya .
Untuk contoh mari kita ambil berita hangat yang baru – baru ini terjadi .
“Bom Sarina”
Menurut data dari google trend kata kunci ” Bom sarina ” Hanya bertahan selama 5 – 7 hari sebelum akhirnya benar – benar jatuh dan hanya tersisa sedikit pencarian .
Kata kunci ini banyak digunakan web – web berita terkenal, yang selalu update setiap hari sehingga terlalu sulit menggapai keyword semacam ini ditambah lagi trafik yang hanya bertahan selama beberapa hari .
*catatan :beberapa jenis keyword diatas yang saya berikan merupakan nama dari hasil pemikiran saya sendiri dengan maksud untuk memudahkan penamaan . Sehingga jika ada perbedaan paham mohon dimaklumi.
Semoga bermanfaat

3 Comments

Leave a Reply