5 Bisnis yang Menjanjikan Untuk Ibu Rumah Tangga di Masa Pandemi

Saat ini usaha sampingan bisa dikatakan menjadi andalan bagi siapapun khususnya para ibu rumah tangga yang mana memang harus mencari penghasilan terutama di masa pandemi seperti ini.  Ada banyak yang harus merasakan pahitnya kehilangan pekerjaan karena di-PHK oleh kantor. Akan tetapi, kebutuhan pokok haruslah tetap harus terpenuhi.  

Bagaimana solusinya? Maka Anda bisa mencoba bisnis atau usaha sampingan untuk bisa memperoleh penghasilan tambahan. Dengan melakukan atau mendirikan sebuah bisnis, tentunya para ibu rumah tangga akan mendapatkan hasil uang tambahan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang lainnya. Berikut ini adalah contoh bisnis ibu rumah tangga di masa pandemi yang cukup menjanjikan.  

5 Bisnis Ibu Rumah Tangga di Masa Pandemi

1. Berjualan masker

Bisnis ibu rumah tangga di masa pandemi pertama adalah jualan masaker. Ini merupakan salah satu rancangan bisnis sampingan yang mampu memberikan keuntungan menjanjikan di masa pandemi.  Sebab siapa saja, anak kecil, tua muda, semua memerlukan masker untuk mendukung aktivitasnya sehari-hari. 

Dalam sebulan pun bahkan bisa menghabiskan lebih dari 1 box masker berisi 50 pcs. Hitung saja jika ada lebih dari 2 anggota keluarga di setiap rumah. Maka Anda para ibu rumah tangga bisa menjual dalam jumlah banyak setiap bulan. Mengingat permintaannya cukup tinggi dari berbagai daerah, maka Anda bisa memulai bisnis sampingan ini secara online.

Tentunya dalam berjualan masker, anda bisa membuatnya sendiri ataupun bisa juga sebagai reseller dari produksi orang lain. Tidak harus membuat masker sendiri, akan tetapi jika anda bisa melakukannya maka tentu jauh lebih baik karena akan memiliki brand tersendiri. Akan tetapi jika hal itu dirasa menyulitkan, anda hanya perlu mencari produk masker di berbagai marketplace atau menjadi dropshipper dari toko lain. Anda hanya tinggal mempromosikannya saja di berbagai media sosial yang dipunyai, atau juga bisa ditawarkan secara door to door.

2. Menjadi Dropshipper

Bisnis ibu rumah tangga di masa pandemi selanjutnya adalah menjadi seorang dropshipper. Bisnis yang satu ini sebenarnya sudah sangat umum dimana penggunaan internet dan sosial media semakin berkembang dan banyaknya penjual online yang bermunculan.

Menariknya lagi, Anda tidak perlu membuat sendiri produk jualannya. Dalam hal ini, Anda bisa menjadi seorang dropshipper di mana nantinya akan jauh lebih untung karena tidak perlu modal di awal untuk stok barang, atau membuatnya sendiri.

Anda hanya ikut menawarkan produk orang lain, kemudian mengambil untung dari margin selisih penjualan. Selain itu proses lainnya seperti packing dan pengiriman pun sudah di-handle sendiri oleh penjual tangan pertama. 

Banyak marketplace yang menyediakan fitur dari dropshipper ini seperti shopee, Lazada, tokopdia, ratakan dan masih banyak yang lainnya yang bisa anda cari dengan mudah di internet. Jadinya pekerjaan akan menjadi lebih ringan dan mudah, akan tetapi keuntungan yang didapat cukup menjanjikan. 

3. Bisnis Lauk Makanan

Bisnis untuk Anda para ibu rumah tangga yang satu ini bisa Anda pertimbangkan khususnya bagi yang tinggal di area perkotaan dimana lingkungan sekitar mayoritas pekerja dan mahasiswa, usaha katering bisa dikatakan cukup potensial dalam memberikan keuntungan. 

Ada banyak pekerja maupun mahasiswa umumnya yang pasti tidak sempat memasak karena kesibukan bekerja dan kuliah. Mereka pun pastilah akan merasa jauh lebih praktis jika membeli dalam keadaan matang.

Tenang saja, bagi Sebagian ibu rumah tangga yang belum fasih dalam memasak dan kebingungan dengan jenis varian yang akan dimasak tidak perlu khawatir. Karena ada chanel youtube masakan yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam memasak. Sehingga konsumen tidak akan bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

4. Bisnis Sembako Menggunakan Layanan Delivery

Bisnis ibu rumah tangga di masa pandemi selanjutnya adalah bisnis sembako. Jual beli online saat ini memang sedang menjadi tren. Bahkan ada yang memprediksi untuk kedepannya transaksi belanja online akan mengalahkan belanja offline. Jadi memang tidak heran bila beberapa bisnis retail saat ini mulai mengembangkan fasilitas belanja online bagi konsumen. 

Apalagi di tengah pandemi seperti ini dimana banyak orang yanhg takut untuk berbelanja secara offline karena takut tertular saat bepergian. Layanan delivery ini cocok dan bagus diberikan kepada konsumen yang memiliki tipe seperti itu.

5. Minuman Kesehatan

Terakhir yang bisa Anda lakukan adalah melakukan bisnis minuman kesehatan yang juga mempunyai potensial yang tidak kalah dengan usaha lainnya.  Masa pandemi Covid-19 ini memang mengharuskan setiap orang harus selalu menjaga daya tahan tubuhnya dengan baik. Tujuannya supaya nanti tidak mudah terkena paparan virus. 

Banyak sekali varian minuman Kesehatan yang bisa dijual. Pertama adalah infuse water, tentu anda sekalian sudah tidak asing dengan minuman sehat yang Bernama infuse water. Banyak sekali bahan-bahan sederhana yang bisa digunakan untuk membuat minuman ini. 

Kedua adalah berjualan minuman rempah. Tentu saja di tengah pandemic seperti ini banyak orang yang memburu rempah-rempah karena menjadi obat tradisional yang memang bosa diandalkan. Maka tidak salah jika berjualan minuman sehat rempah akan menjadi andalan minuman yang akan banyak dikonsumsi oleh orang-orang.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi minuman kesehatan secara rutin. Tentunya ada banyak jenis minuman kesehatan yang bisa dibuat sendiri di rumah dengan mudah. 

Itulah 5 ide bisnis ibu rumah tangga di masa pandemic yang bisa dilakukan secara sederhana tanpa ribet dan tanpa modal yang besar.

Leave a Reply