Akhir – akhir ini marketing online/digital marketing sudah mulai banyak diminati oleh masyarakat ramai, bahkan para penjual di pasar – pasar offline pun sudah mulai memasarkannya lewat marketing online dengan berbagai macam channel.
Di dalam dunia Marketing sebelum memperlajari marketing lebih jauh, maka kita harus mulai dulu untuk mempelajari tentang apa sebenarnya yang harus kita dapatkan sebelum kita memulai pemasaran digital.
Betapa banyak kita yang belum mengerti apa itu digital marketing secara utuh tapi langsung memulainya dengan memasarkan iklan berbayar seperti FB Ads, Instagram Ads, Google Adwords, dan lainnya.
Padahal masih ada beberapa hal yang harus kita pelajari dahulu sebelum memulai memasarkannya secara massal.
1. Pahami Produk yang Anda Jual.
Seperti halnya apa benefit dari produk anda, manfaat langsung dan tidak langsung, berapa batas maximal pemakaian atau harus disimpan dimana dan kenapa, semakin banyak anda mengumpulkan data tentang produk yang anda jual.
Maka semakin mudah anda membuat materi untuk marketing nantinya.
Disamping itu anda juga harus memberikan value lebih dari produk anda dibanding produk yang dipasarkan pada umumnya.
Sebagai contoh jika anda menjual jas hujan, maka apa benefit yang bisa anda tawarkan untuk orang lain, selain kegunaan umum dari jas hujan.
Semua memahami bahwa jas hujan adalah untuk menangkal hujan, jika produk anda sama dengan yang lain, kenapa mereka harus membeli di anda ?
Maka berikan benefit lebih, salah satu contoh benefit lebih ada misalnya anda Menggaransi Jas Hujan anda selama 1 tahun dengan jaminan bahwa jas hujan yang anda jual tidak akan sobek, jika sobek anda akan menggantinya dengan yang baru.
2. Pahami Situasi Market anda
Contoh jika anda menjual kosmetik, maka target market anda jelas – jelas adalah perempuan, maka anda bisa juga membuatnya lebih spesifik dengan menyertakan beberapa informasi.
Kosmetik anda adalah kosmetik yang biasa dipakai oleh orang yang berumur 40 tahunan keatas, kosmetik anda juga biasanya dikenal hanya dikota kota besar, maka itulah data yang bisa anda kumpulkan untuk memahami market anda.
Saya yakin tidak sulit bagi anda untuk menemukan kompetitor anda yang mempunyai target pasar yang mirip dengan anda atau malah sama 100%.
3. Pahami Customer Persona anda
Customer persona menuntut anda untuk melakukan riset lebih jauh terhadap customer anda bahkan sampai ke masalah yang dialami customer, bahkan sampai potensi penolakan yang nantinya akan diucapkan oleh si customer tadi
4. Pahami Channel Pemasaran Anda
Yang dimaksud memahami di point terakhir ini adalah mempelajari berbagai macam tehnik yang ada didalamnya, juga skema bagaimana kita bisa menemukan customer kita di channel yang kita bangun.
Contohnya di Facebook ada FB Pages, FB groups dan berbagai macam lainnya. Maka anda harus benar paham betul bagaimana channel berkembang, dengan cara mempelajarinya setiap hari selama berulang ulang.