11 Cara Marketing Bisnis Untuk Mengembangkan Usaha Anda

Tahukan Anda bahwa marketing dalam perkembangan bisnis itu sangat diperlukan? Dengan adanya marketing maka konsumen akan mengetahui informasi bisnis Anda. Maka dari itu, ada beberapa cara marketing bisnis yang dapat Anda jadikan referensi untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. 

Pada intinya marketing bisnis yaitu bagaimana cara Anda merencanakan agar perusahaan dapat memperkenalkan brand secara luas untuk mencapai target penjualan. Sehingga, perkembangan bisnis akan berjalan dengan lancar. 

11 Cara Marketing Bisnis Untuk Mengembangkan Usaha

Berikut beberapa cara marketing bisnis yang bisa Anda jadikan alat bantu mengembangkan usaha Anda. Simak ulasan dibawah ini dengan cermat.

1. Gunakan Facebook Ads

Cara marketing bisnis pertama yang bisa Anda coba yaitu dengan menggunakan Facebook Ads. Karena hingga sangat ini media sosial salah satunya Facebook masih menjadi wadah paling efektif untuk mengembangkan pasar usaha Anda. Apalagi pengguna Facebook di Indonesia terbilang banyak yaitu mencapai 13 juta orang. Sehingga, media sosial Facebook akan bisa membantu Anda untuk mengembangkan usaha. Akan tetapi perlu diperhatikan untuk target konsumennya. Buatlah cara marketing bisnis dengan pemasaran sesuai targetnya. 

2. Melakukan Riset

Selain cara marketing bisnis dari Facebook Ads, Anda harus tetap melakukan riset secara berkala karena tren pasar akan selalu berubah. Tujuan risetnya pun sederhana yaitu untuk memahami kepuasan pelanggan terhadap produk yang sedang Anda bangun sekaligus untuk mengetahui trend yang sedang berkembang. Jadi, Anda bisa menyesuaikan atau memodifikasi produk Anda sesuai dengan tren yang terjadi di pasar. 

3. Manfaatkan Media Sosial

Cara marketing bisnis yang paling penting yaitu memanfaatkan media sosial yang Anda miliki. Jadi, tidak hanya dari Facebook saja Anda bisa menggunakan  media sosial untuk mempromosikan produk Anda. Banyak sekali platform media sosial yang bisa Anda gunakan diantaranya Instagram, Youtube, Facebook itu sendiri dan bahkan Twitter. 

4. Buatlah Toko Online atau Website

Kebanyakan bisnis sekarang sudah mempunyai toko onlinenya sendiri. Langkah kecilnya cara marketing bisnis yaitu bisa dengan membuka website sebagai media toko online. Dalam website nanti Anda bisa menuangkan katalog produk yang Anda jual, bisa juga ditambah artikel – artikel untuk mendukung bisnis produk tersebut. 

5. Email Marketing

Cara marketing bisnis lainnya yang bisa Anda coba untuk mengembangkan bisnis yaitu email marketing. Anda bisa menuliskan ajakan yang bersifat persuasif, akan tetapi jangan berlebihan dalam menjelaskan keunggulan produknya. Anda juga bisa menyisipkan beberapa newsletter untuk calon pelanggan bisa tertarik. Sekaligus gunakan materi sederhana tapi membuat daya tarik mengunjungi kanal marketing lainnya, terutama situs toko online.

6. Kegiatan Offline

Selain dari sisi online dalam marketing, jangan lupakan untuk melakukan kegiatan promosi secara offline. Karena disana nanti Anda akan bisa menawarkan produk secara langsung pada pelanggan sekaligus bisa tahu bagaimana respon  pelanggan terhadap produk yang sedang Anda tawarkan. 

7. Mengikuti Kompetisi 

Cara marketing bisnis selanjutnya bisa Anda ambil dari segi perlombaan. Selain mengikuti lomba untuk menjadi pemenang, Anda bisa memanfaatkan kompetisi tersebut untuk mengenalkan produk yang Anda miliki kepada orang banyak. Karena tanpa sadar kompetisi tersebut akan dilihat oleh banyak orang, sehingga sangat cocok untuk salah satu metode promosi. 

8. Mengadakan Program Referral atau Afiliasi

Cara marketing bisnis yang bisa Anda coba selanjutnya yaitu mengadakan program afiliasi atau referral. Anda bisa memanfaatkan program tersebut untuk mendorong promosi produk, karena akan ada banyak orang yang bergabung untuk hanya memasarkan produk yang sedang Anda bangun dengan cara yang mudah. 

9. Memanfaatkan Google Bisnis

Cara marketing bisnis yang tidak kalah penting untuk dicoba dijadikan strategi yaitu dengan memanfaatkan Google Bisnis. Google Bisnis ini merupakan sebuah fitur yang disediakan atau ditawarkan oleh Google yang berfungsi untuk mempermudah para calon pelanggan mengetahui informasi lengkap mengenai bisnis Anda.

10. Membuat Content

Cara yang tidak boleh dilewatkan yaitu dengan membuat content. Saat Anda berjualan selain fokus pada kualitas produk, jangan tinggalkan seberapa persen untuk membuat content yang berhubungan dengan pendukung produk tersebut. Buatlah konten yang membangun yang bisa berjalan selaras dengan produk yang Anda miliki di pasaran. Terkadang ada beberapa orang yang melihat dan tertarik terlebih dahulu pada content yang Anda buat, baru selanjutnya mereka tertarik pada produk yang Anda jual.

11. Tentukan Kanal Utama Marketing

Cara marketing bisnis terakhir yang perlu Anda terapkan yaitu tentukan kanal utama yang berfungsi sebagai media marketing karena ada sekali banyak kanal marketing yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis. Salah satunya untuk media sosial sendiri yang banyak pilihannya, Anda bisa memulai atau fokus dengan salah satunya yang disesuaikan dengan kebutuhan dari usaha Anda.

Selain fokus pada beberapa hal di atas, terpenting untuk diingat yaitu melakukan cara marketing bisnis dengan konsisten, berimbang dan dan relevan. Saat Anda menerapkan cara marketing bisnis jangan lupakan untuk memikirkan tentang seberapa bisa konsisten Anda melakukan promosi. Selain promosi, juga seberapa relevan dan berimbang cara marketing bisnis tersebut untuk kemajuan bisnis Anda. 

Itulah beberapa cara marketing bisnis yang bisa Anda jadikan referensi tambahan pengetahuan dan ilmu baru untuk mendukung perkembangan bisnis yang sedang Anda bangun. Pilihlah menggunakan strategi pemasaran yang sesuai dengan keuangan perusahaan serta tujuan yang ingin dicapai. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply